TENTANG MARSHA

Januari 08, 2020

BELAJAR MENGENAL DIGITAL MARKETING MELALUI TRAINING DI JAKWEBSCHOOL.COM


Belajar Digital Marketing



hallo....
Perkenalkan nama saya Marsha Salsabillah, ini adalah blog pertama saya. kalian bisa panggil saya Marsha atau Caca, saya lahir di jakarta,13 Februari 2004 saya memiliki 3 bersaudara saya mempunyai 2 orang adik laki-laki dan saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Umur saya saat ini adalah 15 tahun.

Saya lulusan dari SDN SUMUR BATU 010 Pagi Jakarta, SMPN 228 Jakarta dan sekarang saya bersekolah di SMKN 21 Jakarta kelas XI jurusan yang saya ambil sekarang adalah Rekayasa Perangkat Lunak atau bisa disebut juga RPL. Saya termasuk angkatan pertama dari jurusan tersebut karena RPL adalah jurusan baru di SMKN 21 Jakarta.


Pada awalnnya saya tidak pernah berminat untuk mengambil jurusan RPL ini, karena saya lebih berminat masuk kejurusan akuntansi, tapi lama kelamaan saya jadi suka  dan lebih ingin mendalami ilmu RPL ini. RPL itu sendiri adalah sebuah jurusan yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk cara pembuatannya dan cara penggunaanya dengan baik. 

Nah pada saat ini sekolah saya sedang mengadakan praktik kerja lapangan, untuk peserta didik kelas 11 dan saya berkesempatan untuk melakukan PKL ini di jakwebschool, nahh apasi jakwebschool itu, jakwebschool itu adalah tempat kursus untuk belajar digital marketing, nah kenapa si kita harus belajar digital marketing? Saat ini dunia digital sedang menarik perhatian semua orang,yang dimana segala aspek kehidupan berubah menuju serba digital, nah saat ini juga aspek penjualan sedang maraknya dengan berimigrasi ke system online, nah mengapa demikian karena kita sepakat dengan internet bahwa segala aktifitas kita tidak terjangkau oleh waktu dan tempat.. 

Tujuan utama dari “digital marketing” adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.




APA ITU DIGITAL MARKETING?

Digital marketing adalah semua usaha marketing yang memanfaatkan alat elektronik atau internet. Semua strategi digital dan chanel marketing yang digunakan untuk tetap terhubung dengan konsumen secara online merupakan definisi digital marketing. Dari website, social media marketing, iklan PPC, email marketing, hingga SEO termasuk dalam digital marketing.


PERBEDAAN DIGITAL MARKETING DENGAN MARKETING TRADISIONAL.






Pada dasarnya keduanya sama-sama bertujuan untuk  memasarkan. Pemasarn bertujaun untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat atau calon konsumen agar menggunakan produk yang dipasarkan dan memaksimalakn bisnis anda. Jadi tidak hanya fokus kepada pengenalannya saja namun juga bagaimana memilih strategi yang tepat untuk menarik calon konsumen.

Agar lebih memahami perbedaan digital marketing dan pemasarn yang biasa, berikut beberapa perbedaan yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu;

1. Target Pemasaran

     Ada beberapa media pemasaran yang sudah kita kenal sejak lama. kita biasa mendapatkan iklan dari televisi dan radio. Ketika dalam perjalanan kita terbiasa melihat papan reklame. saat membaca surat kabar kita jumpai beberapa iklan. Beberapa contoh diatas merupakan pemasaran secara tradisional  yang menargetkan orang-orang di area tertentu.

     Berbeda dengan pemasaran tradisional, digital marketing memiliki target pemasaran yang sangat luas. Tidak hanya satu daerah saja, anda dapat memiliki target pemasaran nasional bahkan internasional. Dengan memanfaatkan internet.


2. Waktu dan Tarif


Pemasaran secara tradisional banyak memakan waktu dan tarif. Kenapa demikian? Seperti yang Anda tahu progres yang diterapkan untuk mengurus iklan amat kompleks, kadang-kadang mesti menunggu antrean atau waktu beriklan telah diaplikasikan oleh pengiklan lain. Dari segi tarif yang dikeluarkan cukup besar dan Anda wajib mengeluarkan tarif tambahan untuk memproduksi iklan Anda.

Berbeda dengan pemasaran tradisional, via komputerisasi marketing cara kerja pembuatan iklan lebih pesat. Anda bisa mempertimbangkan sendiri kapan waktu beriklan, berapa lama Anda beriklan tanpa menunggu antrean dan progres pembuatan iklan bisa dituntaskan dalam waktu yang singkat. Anda juga bisa mengontrol berapa budget iklan Anda dan menetapkan sendiri jangkauan iklan Anda. Dengan komputerisasi marketing segalanya bisa dijalankan secara tepat sasaran dan efisien.

3. Sistem Komunikasi

Interaksi yang terjadi pada marketing secara tradisional hanya bersifat satu arah. Seumpama saja Anda beriklan pada salah satu saluran layar kaca nasional karenanya sesorang yang sedang memperhatikan iklan Anda di layar kaca tak bisa memberikan tanggapan kepada iklan Anda. Bagitu juga dengan media pemasaran seperti koran, radio, reklame dan media pemasaran tradisional lainnya.

Yang terjadi yakni Anda menawarkan produk kepada banyak orang tanpa mengenal apa tanggapan dan reaksi orang yang memperhatikan iklan Anda. Apakah mereka berminat? Apakah mereka {bahagia? Apakah mereka menyukainya? Anda tak akan pernah tahu.
Inilah kenapa komputerisasi marketing dikatan sistem pemasaran yang tepat sasaran dan efisien. Anda juga bisa mengetahui tanggapan orang-orang yang memperhatikan iklan Anda. Apabila| akhirnya tak memuaskan Anda bisa mengamati apa kelemahan iklan Anda untuk dibenarkan dan dijual ulang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


MANFAAT DIGITAL MARKETING

1. Mengaitkan Anda dengan Konsumen di Dunia Maya
Dikala ini konsumen  tidak lagi mencari info mengenai suatu produk barang atau jasa lewat halaman iklan baris. Dikala ini, setidaknya 80% konsumen memakai dunia maya untuk mendapatkan info mengenai produk barang atau jasa dengan lebih gampang dan nyaman.
Dengan banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran komputerisasi, pemilik usaha bisa menempuh sasaran konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari info lewat dunia maya.

2. Menjadikan Penjualan yang Tinggi
Lewat komputerisasi marketing, Anda bisa menjangkau lebih banyak khalayak yang Anda targetkan. Anda juga bisa menjadikan lead (prospek) dan menempuh peningkatan konversi (penjualan) hingga 24%. Pemasaran komputerisasi ‘membuka’ jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan hasil yang menguntungkan.

3. Membuat Anda Lebih Hemat
Digital marketing membikin tarif pengeluaran Anda menjadi lebih minim, Digital Marketing Gartnet mengeluarkan laporan yang memperlihatkan bagaimana para pengusaha kecil sekarang telah menerima banyak profit dari pemasaran komputerisasi. Misalnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi tarif  yang ada pada usaha mereka.
Usaha kecil yang ditujukan disini merupakan usaha atau perusahaan yang mempunyai sumber tenaga terbatas. Pemasaran komputerisasi kemudian dapat menolong pemilik usaha, tak cuma menjadikan generasi dan konsumen baru, |melainkan juga menolong menghemat pengeluaran pengusaha.

4. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time
Pemasaran komputerisasi menawarkan Anda adanya mekanisme tanggapan konsumen atau pelanggan real-time, yang akan memberikan pengaruh besar pada keberhasilan usaha Anda berdasarkan laporan dari eMarketer.
Profit dari chanel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran komputerisasi diantaranya yaitu menjadikan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan kepada konsumen.








You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

About Me